Friday, January 30, 2009

KARINA SERAHKAN BANTUAN PEMBUATAN 3 PERAHU UNTUK KELURAHAN RAWAN BANJIR



Tenggak (LENTERA) – Tim KARINA KAS Posko Sragen bekerjasama dengan masyarakat, khususnya Kelurahan Pandak, Kelurahan Sribit dan Kelurahan Tenggak dengan koordinasi di KARINA Posko Tenggak membuat sarana antisipasi banjir tahunan yang kerap melanda daerah tersebut, dengan membuat perahu dari tong/drum. Keterlibatan perangkat desa, utamanya para kepala desa sungguh luar biasa. Masyarakat pun cepat tanggap dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan apabila terjadi banjir lagi di daerah mereka.

 

Sesuai dengan proposal yang diajukan kepada KARINA KWI di Jakarta, Senin (5/1) diadakan acara penyerahan bantuan uang sebesar Rp. 4.000.000,- ( Empat juta rupiah) yang rencananya digunakan untuk membantu pembuatan 3 unit perahu tong di 3 Kelurahan (Sribit, Pandak dan Tenggak) yang rawan terkena banjir . Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Posko Tenggak dan diterima langsung oleh 3 Lurah yang hadir. Diharapkan perahu-perahu tersebut  bisa dimanfaatkan untuk mengevakuasi para korban bencana alam jika sewaktu-sewaktu terjadi banjir di kelurahan  tersebut.

 

Sungguh merupakan kerjasama yang baik, dimana masyarakat dapat terlibat tanpa membedakan perbedaan karena misinya adalah kemanusiaan dan pelayanan kepada sesama. Sosialisasi yang dilakukan terus menerus tentang tanggap dan antisipasi bencana banjir sangat membantu dalam mengingatkan masyarakat agar selalu waspada dalam musim hujan dan mengamankan barang- barang berharga milik mereka utamanya surat – surat penting keluarga, seperti: Sertifikat tanah, Ijazah, Akte Kelahiran, Surat Nikah, dan lain-lain.

 

Kesadaran masyarakat yang tinggi dapat meminimalisir dampak dan kerugian baik materi maupun korban karena banjir tersebut. Diharapkan agar masyarakat tidak terlena di saat musim kemarau, karena iklim yang mulai berubah akibat pemanasan global atau lebih populer dengan ”Global Warming”. (Rs)